Kamis, 23 Juni 2016

KOTA JAYAPURA


Kota Jayapura adalah kota kecil yang berada di ujung timur negeri ini, biasa di sebut "Surga kecil di Ufuk Timur". Kota dimana saya lahir dan tumbuh besar, di sini saya akan sedikit menjelaskan tentang Jayapura.
Kebudayaan di Jayapura sangatlah banyak karena Jayapura sekarang telah menjadi kota maju. Jayapura sekarang juga tidak hanya di kelilingi oleh masyarakat asli Papua tapi berbagai macam suku, ras dan agama pun sudah banyak mendominasi di sana, ya contohnya saja saya hehe.
Tarian daerah Jayapura, Papua
  • Yosim Pancar (YOSPAN)
Di dalam tarian ini terdapat aneka bentuk gerak tarian seperti tari Gale-gale, tari Pacul Tiga, tari Seka, Tari Sajojo, tari Balada serta tari Cendrawasih. Tarian tradisional Papua ini sering di mainkan dalam berbagai kesempatan seperti untuk penyambutan tamu terhormat, penyambutan para turis asing yang datang ke Papua serta dimainkan adalah dalam upacara adat.
yospan
Alat Musik Tradisional
  • Tifa
Tifa adalah alat musik yang berasal dari maluku dan papua, Tifa mirip seperti gendang cara dimainkan adalah dengan dipukul. Terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. bentuknyapun biasanya dibuat dengan ukiran. tiap suku di maluku dan papuamemiliki tifa dengan ciri khas nya masing-masing.
Asmat16c
Tifa biasanya dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional, seperti Tarian perang, Tarian tradisional asmat,dan Tarian gatsi. rian ini biasanya digunakan pada acara-acara tertentu seperti upacara-upacara adat maupun acara-acara penting lainnya
208683_620
Makanan Khas Papua
  • Papeda
Papeda adalah makanan khas wilayah timur, termasuk Papua Barat. Makanan ini terbuat bahan dasar berupa sagu. Papeda diolah sehingga menyerupai bubur, berwarna putih dan bertekstur lengkat hingga menyerupai lem. Rasa asli dari papeda adalah hambar. Papua bianya dimakan dengan ikan seperti tongkol atau mubara yang dimasak dengan kunyit sehingga kadang kuahnya berwarna kuning. Cara makan papeda sama seperi makan nasi dan lauk-pauk pada umumnya.
3BKXT0C598FB24F29B5022mx
  • Sate Ulat Sagu
Ulat Sagu ini didapatkan dari batang pohon sagu yang sudah tua. Masyrakat asli papua yang telah terbiasa hidup di alam sering kali mengkonsumsi ulat sagu diolah terlebih dahulu. Namun sekarang ulat sagu ini sudah diolah dengan cara dibakar hingga hampir mirip dengan sate.
sate-ulat-sagu
Rumah Adat Papua
  • Honai
Honai terbuat dari kayu dan beratapkan jerami atau ilalang. Honai mempunyai pintu yang sangat kecil dan tidak memiliki jendela. Dewasa ini rumah Honai mulai terkikis oleh jaman dan mulai di tinggalkan.
rumah-adat-papua-namanya-honai
Bahasa
Di kota Jayapura ini ada enam bahasa daerah. Enam bahasa di Teluk Humbold ini adalah bahasa Sentani, bahasa Nafri, bahasa Kayu Polu, bahasa Skouw, bahasa Tobati-Enggros dan bahasa Maso. Dari enam bahasa itu hanya satu yang masih kuat, yaitu, bahasa Moso, di daerah perbatasan antara RI-PNG (Papua New Guinea). Namun disini saya tidak akan membahas tentang ke enam bahasa itu secara khusus (dalam arti per daerah) karena bisa sangat banyak. Saya akan membahas tentang dialek / logat yang ada di kota Jayapura. Bahasa / logat di Jayapura memiliki asas singkat dan padat. Bahasa / logat jayapura ini cukup mudah untuk dipelajari. Saya akan memberikan beberapa contoh bahasa jayapura dalam keseharian
Sa = saya                              Ko = kamu                                           Mo = mau
Dorang = mereka             Kitorang = kita                                   Jang = jangan
Iyo = iya                               Tra = tidak                                           Pi = pergi
Mace = ibu                          Pace = bapak                                     Su = sudah
Contoh bahasa Jayapura : “Sa tra suka pelajaran itu = Saya tidak suka pelajaran itu . Mamayoo, ko hari ini cantik sampe= Ya ampun kamu hari ini cantik banget. Tadi sa pi ke sekolah naik ojek= Tadi saya pergi ke sekolah naik ojek.
Objek Wisata
  • Pantai
Pantai Harlem merupakan pantai tercantik di Jayapura. Namun letak pantai ini terpencil dan belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Jadi bila kita berkunjung ke pantai ini, akan terasa memiliki pantai pribadi karena belum tentu setiap harinya ada wisatawan yang berkunjung ke Pantai Harlem.
Pantai Harlem memiliki pasir putih dan air laut sangat jernih dan bergradasi indah. Ombak di pantai ini pun tidak terlalu besar karena pantai ini merupakan wilayah teluk, sehingga cocok bagi pecinta snorkeling. Terumbu karang, ikan laut dan biota laut lainnya dapat kita saksikan saat snorkeling di Pantai Harlem. Tidak perlu snorkeling sampai ke tengah laut untuk melihat keindahan bawah laut Pantai Harlem ini. Beberapa meter dari bibir pantai pun sudah menawarkan snorkeling spot yang indah.
harlem-beach-depapre-jayapura-papua-indonesia_2-500x333
Keindahan_matahari_terbenam_di_Pulau_Harlem
  • Danau Sentani
Danau Sentani merupakan salah satu Danau yang paling besar di Papua. Kita bisa melakukan beberapa kegiatan liburan di Danau Sentani seperti memancing, berjalan mendaki bukit, atau menikmati kuliner yang ada di Danau Sentani.
cycloop
Danau-Sentani-Close-Up
Sekian dari postingan saya, jika ada salah kata mohon di maafkan..

2 komentar:

  1. INDOKARTU POKER ONLINE TERPERCAYA

    Indokartu adalah salah satu poker online uang asli yang lebih baik dibandingkan dengan poker -poker lainnya. Hal ini dikarenakan indokartu menjanjikan kemenangan kepada setiap member-member yang sudah begabung bersama kami. Yang mana pasti tidak akan mengecewakan anda.
    Jadi buat anda yang belum bergabung segera bergabung bersama kami di INDOKARTU.BIZ
    atau di kontak kami :
    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu

    INDOKARTU.BIZ

    MEMBACA KARTU POKER ONLINE

    BalasHapus